10 Patung Bersejarah Di Indonesia

Negara Indonesia, memang sangat melekat pada budaya dan sejarahnya. Oleh sebab itu banyak sekali peninggalan monumen – monumen atau patung yang bersejarah. Patung tersebut dibuat untuk dijadikan sebagai simbol sebuah peristiwa atau sebuah sejarah.

Patung merupakan sebuah karya seni berbentuk karakter tertentu dengan tampilan tiga dimensi. Karya tersebut dapat dibuat dengan seni pahat atau dicor dengan berbagai bahan, baik dari kayu, batu, baja, dan lain lain.

Saat ini, patung dan monumen bersejarah tersebut sudah dijadikan tempat kunjungan wisata, bahkan dijadikan objek untuk foto – foto oleh masyarakat Indonesia. Penasaran patung apa saja ? Berikut kami rangkum 10 patung bersejarah yang terdapat di Indonesia.

  • Patung Ikan Sura dan Buaya

Patung ikan Sura dan Buaya terletak di kota Surabaya.Patung ini memiliki tinggi 25,6M, dan menjadikan patung simbol sejarah terbentuknya kota surabaya. Ceritanya dikatakan bahwa dahulu kala terjadi perebutan wilayah antara suro dan boyo. Kemudian salah satu pihak tersebut melanggar wilayah yang ditentukan. Mengapa bersimbol ikan hiu dan buaya? Karena kota surabaya terletak diantara laut dan sungai, sehingga laut di lambangkan dengan ikan hiu dan sungai dilambangkan dengan buaya sebagai predator terganas diwilayahnya masing – masing.

  • Patung Jalesveva

Patung ini berdiri setinggi 31 meter yang menggunakan material baja sebagai rangkanya dan tembaga sebagai kulitnya. Patung ini dibuat pada tahun 1990 dan menghabiskan biaya sebesar 27 Miliar. Arsitek patung tersebut adalah I Nyoman Nuarte. Nama patung jalesveva diambil dari semboyan TNI AL yang berarti di laut kita jaya. Patung jalesveva tidak hanya berfungsi sebagai patung sejarah saja, namun dijadikan mercusuar untuk menerangi para nelayan yang berlayar dimalam hari.

  • Patung Pancasila Sakti Lubang Buaya

Museum lubang buaya menghadirkan monumen pancasila patung 7 pahlawan reformasi. Apa anda mengetahui G30SPKI ? Ya betul, ketujuh patung tersebut adalah korban kekejian kelompok PKI yang menewaskan tujuh jendral reformasi. Patung ini dibuat untuk mengenang jasa jendral yang sudah berjasa dalam reformasi Indonesia. Selain ketujuh patung tersebut, disini anda akan menemukan juga lubang sumur yang dijadikan tempat mengubur masal para jendral tersebut, dan disebut dengan nama lubang buaya. Sangat tragis bukan ?

  • Patung Dirgantara/Pancoran

Menurut wikipedia, patung dirgantara dirancang oleh Edhi Sunarsso pada tahun 1964. Ide pertama yang membuat patung ini adalah presiden Soekarno Hatta. Patung Dirgantara ini memiliki simbol manusia raksasa menggambarkan seorang yang pemberani dan semangat indonesia untuk menjelajah angkasa. Letak patung sangat dekat dengan bandara Halim Perdana Kusuma. Berdasarkan sejarah, bahkan presiden Soekarno rela menjual mobil pribadinya untuk menambah kekurangan biaya pembangunan patung ini.

  • Patung Selamat Datang

Patung Selamat Datang terletak tepat didepan hotel indonesia, dan tepat ditengah bundaran. Ide pembuatan patung ini juga digagaskan oleh presiden Soekarno, yang bertujuan sebagai pemandangan para turis atau tamu penting yang bersinggah di Hotel Indonesia. Patung selamat datang berupa sepasang laki – laki dan wanita dengan pose melambaikan tangan kearah utara. Sangat kreatif bukan ?

  • Patung Yesus Memberkati

Patung ini terletak di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Tinggi patung tersebut 45 meter dan dibangun dengan coran perunggu. Patung dibuat untuk dijadikan tujuan destinasi wisata menarik dan memajukan wisata tana toraja. Patung ini ramai dikunjungi khususnya pada saat hari Natal. Patung ini baru saja dibangun pada tahun 2015 dan sudah disahkan oleh presiden Jokowi Dodo pada tahun 2018.

  • Patung Buddha Tidur

Patung Buddha Gautama yang berpose sedang tertidur tersebut, terletak didaearah Mojokerto. Selain patung ini, terdapat beberapa sejarah kerajaan Majapahit. Patung ini memiliki tinggi 22 meter dan dicatat sebagai patung buddha tertidur paling besar ketiga dalam catatan rekor muri setelah thailand dan nepal. Jika anda tertarik untuk berwisata keagamaan, maka tempat ini sangat cocok untuk anda kunjungi.

  • Patung Dewa Murugan

Patung tersebut berada di kota Langkat, Sumatra Utara. Patung dewa murugan yang berada di Indonesia merupakan patung dewa murugan terbesar kedua setelah malaysia. Patung ini memiliki tinggi 17 meter. Sekilas mengenai dewa murugan, Dewa Murugan adalah Dewa yang ada pada agama Hindu yang memiliki nama lain Kartikeya. Dewa tersebut digambarkan sebagai sesosok dewa berpenampilan muda, memegang tombak dan mengendarai burung merak.

  • Patung Garuda Wisnu Kencana

Siapa yang pernah mengunjungi kota Bali tepatnya daerah Tanah Lot? Kami yakin banyak dari kalian sudah pernah kesini. Tanah lot adalah tempat wisata yang sangat populer dikota Bali dan terdapat patung Garuda Wisnu Kencana. Patung tersebut merupakan wujud dari Dewa orang Hindu yang bernama Dewa Wisnu. Burung garuda yang terdapat pada patung ini berkisah tentang seekor burung yang melindungi ibunya dan dilindungi oleh Dewa Wisnu. Patung ini dibuat oleh I Nyoman Nuarta dengan ketinggian patung 121 meter. Dengan ketinggian patung ini, masuk kedalam kategori dua patung terbesar di Dunia. Sangat menarik bukan ?

  • Patung Dewi Kwam Im

Patung dewi Kwam Im adalah patung dewa agama Buddha yang memiliki simbol sifat welas asih. Patung ini memiliki ketinggian 22,8 meter dan dibangun di Vihara tepatnya di kota Pematang Siantar, Sumatra Utara. Patung tersebut di Impor langsung dari Negara China dan masa pembangunannya memakan waktu selama 3 tahun, diresmikan pada tahun 2015. Patung ini masuk kedalam rekor muri dengan kategori patung Dewi Kwam Im tertinggi di Asia. Menakjubkan bukan ?

  • Patung Martha Christina Tiahahu

Patung Martha Christina berdiri pada kota ambon tepatnya di daerah Karang Panjang. Patung ini didirikan atas dasar penghormatan kepada seorang pejuang wanita bernama Martha Christina Tiahahu. Ia gugur pada saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Berpose seorang wanita dengan membawa tombak, semakin membangkitkan rasa patriotisme para pengunjungnya. Untuk anda pecinta sejarah, tentu anda wajib datang kesini, selain itu patung tersebut dikelilingi dengan pemandangan yang sangat indah.

Itulah beberapa patung bersejarah yang ada di Indonesia. Selain bersejarah semua tempat diatas juga bisa dijadikan refrensi untuk anda berwisata bersama keluarga, teman, bahkan pasangan anda. Sangat menarik bukan ? Kita sebagai warga negara Indonesia, tentu harus turut bangga memiliki banyak karya patung yang mampu masuk pada catatan rekor muri.

Demikianlah informasi mengenai patung bersejarah di Indonesia. Semoga dapat menambah wawasan anda serta menjadi tujuan destinasi anda dan semoga membuat anda semakin cinta budaya Indonesia. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *